PENGENALAN HTML, PHP, CSS, DAN MYSQL

Posted: December 29, 2013 in 2EA15, tulisan

Pengenalan HTML

HTML kependekan dari Hyper Text Markup Langguage. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal dengan sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web server. Dokumen ini umumnya berisi informasi ataupun interface aplikasi di dalam internet.

Ada dua cara untuk membuat web page: dengan HTML editor atau dengan editor teks biasa (misalnya notepad).

 

Penamaan Dokumen dan Elemen HTML

Dokumen yang mendukung Hypertext adalah dokumen HTML oleh karena itu setiap web page hareus dibuat dalam format HTML. File jenis ini biasanya disimpan dengan eksistensi atau akhiran HTM atau HTML. File yang berakhiran HTM atau HTML ini sama untuk berbagai jenis sistem operasi seperti Unix, Linux, Windows dsb.

 

HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Sebagai contoh misalnya anda akan membuat huruf tersebut ditampilkan menjadi tebal, maka penulisannya harus diawali dengan <B>TAMPIL TEBAL<B>. Tanda <B> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal dan di akhir teks juga ditulis <B> gunanya untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.

 

Jika dokumen yang anda buat disimpan dengan format HTML kemudian dijalankan dengan program browser, misalnya internet explorer, maka kode atau TAG tersebut tidak akan kelihatan.

Seperti halnya dokumen yang umum, dokumen HTML mempunyai bagian-bagian standar. Misalnya : paragraf, judul dokumen, daftar, tabel, gambar dsb. Masing masing struktur pembentuk dokumen ini diberikan tanda-tanda khusus sehingga bisa ditampilkan sesuai dengan fungsinya

 

Pengenalan PHP

PHP merupakan script untuk pemrograman script web server side, script yang membuat dokumen HTML secara on the Fly, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML.

Dengan menggunakan PHP maka maintenance suatu situs web menjadi lebih mudah. Proses Update data dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP.

PHP merupakan script untuk pemrograman script web server side, script yang membuat dokumen HTML secara on the Fly, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML.

Dengan menggunakan PHP maka maintenance suatu situs web menjadi lebih mudah. Proses Update data dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP.

 

Contoh Pengenalan :

Contoh soal :

<html>

<head> <title> Contoh</title> </head> <body> <?php echo “ Hai, saya dari script PHP ! “;?> </body> </html>

Kode / script PHP diapit dengan menggunakan tag awal dan tag akhir yang khusus, yang memungkinkan pemrogram untuk masuk dan keluar dari mode script PHP. PHP secara dasar dapat mengerjakan semua yang dapat dikerjakan program CGI, seperti mendapatkan data dari atau menghasilkan isi halaman web yang dinamik.

Kemampuan (feature) PHP yang paling diandalkan dan signifikan adalah dukungan kepada banyak database. Membuat halaman web yang menggunakan data dari database dengan sangat mudah dapat dilakukan. Berikut adalah daftar database yang didukung oleh PHP :

  •   Adabas D
  •   dBase
  •   Empress
  •   File pro (read only)
  •   FrontBase
  •   Hyperwave
  •   IBM DB2
  •   Informix
  •   Interbase
  •   MSQL
  •   ` MYSQL
  •   ` Oracle (OC17 dan OC18) dll

PHP juga mendukung untuk berkomunikasi dengan layanan lain menggunakan protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, dan lainnya yang tak terhitung. Pemrogram juga dapat membuka soket jaringan secara mentah dan berinteraksi dengan menggunakan protokol lainnya.

 

Pengenalan CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS menggunakan Style untuk menampilkan elemen-elemen HTML. Style mendefinisikan bagaimana elemen-elemen HTML ditampilkan di browser.

CSS dapat digunakan pada satu atau lebih halaman HTML. Untuk mendefinisikan Style beberapa halaman HTML, biasanya CSS disimpan didalam satu file tersendiri di luar file HTML.  Hal ini memudahkan web desainer untuk melakukan perubahan style. Sehingga untuk merubah tampilan beberapa halaman HTML cukup dengan merubah satu file CSS.

 

Menurut penulisannya CSS dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

` Internal Style Sheet CSS didefinisikan di dalam file HTML, yaitu dalam elemen   <head> ` External Style sheet CSS didefinisikan di dalam satu file tersendiri di luar file   HTML ` Inline Style Sheet CSS didefinisikan di dalam setiap elemen/tag HTML

Sintaks CSS terdiri atas tiga bagian, yaitu : selector, property, dan value

selector {property: value}

Selector merupakan tag yang ingin diberikan style. Property merupakan atribut yang ingin didefinisikan dan value merupakan nilai dari atribut. Antara property dan value dipisahkan oleh tanda titik dua (:).

Contoh : Body { color: black}

Jika value terdiri atas beberapa kata, maka value tersebut dia apit dengan tanda kutip (“ “)

Contoh : P {font-family: “sans serif”}

Pengenalan MySQL

MySQL adalah database server relasional yang gratis di bawah lisensi GNU (General Public Lisensi). Dengan sifatnya yang open source, memungkinkan juga user untuk melakukan modifikasi pada source codenya untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka sendiri. MySQL merupakan database server multi user dan multi threaded yang tangguh. Dengan memiliki banyak feature MySQL bisa bersaing dengan database komersial sekalipun. Tidak mengejutkan MySQL menjadi database pilihan untuk banyak pengguna PHP.

MySQL termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management System) itulah sebabnya istilah seperti tabel, baris dan kolom digunakan pada MySQL. Pada My SQL sebuah database mengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiri dari sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom.

Beberapa karakteristik utama dari MySQL :

  1. Fully multi-threaded dengan kernel threads. Artinya bisa dengan mudah mempergunakan multiple CPU bila ada
  2. API (Application Programming Interface) dengan C, C++, Eiffel, Java, Perl, PHP, Python dan Tcl
  3. Beroprasi pada banyak platform berbeda spt : Linux, Win 95, Win 98, NT, Win 2000, Solaris, SunOS dll
  4. Kita bisa mencampurkan tabel dari database yang berbeda pada query yang sama
  5. Dukungan ODBC (Open-Database-Connectivity), misalkan dengan MS Access bisa melakukan koneksi ke MySQL
  6. Server bisa memberikan pesan kesalahan ke client dalam banyak bahasa.

Perintah –perintah dasar SQL yang dipergunakan pada MySQL, sebagai berikut :

  • CREATE DATABASE
  • DROP DATABASE
  • CREATE DATABASE
  • DESCRIBE
  • ALTER TABLE
  • DROP TABLE
  • DELETE
  • UPDATE
  • LOCK TABLES
  • UNLOCK TABLES
  • INSERT INTO
  • SELECT

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s