SOAL PANCASILA

Posted: December 20, 2013 in 2EA15, tugas kampus

1. Peranan ideologi bagi bangsa Indonesia

Jawab :

Peranan ideologi Pancasila menjadi yang terpenting karena sejatinya karena Pancasila merupakan sumber jatidiri, kepribadian, moralitas, dan haluan kehidupan bangsa. Indonesia akan berwujud bangsa yang memiliki peradaban agung jika segenap masyarakat bangsanya bersedia dengan rela berkorban untuk mengamalkan Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

2. Urutan yang benar rumusan pancasila oleh Ir. Soekarno yang disampaikan pada 1juni 1945 pada sidang BPUPKI

Jawab :

  • Kebangsaan Indonesia
  • Internasionalisme / peri kemanusiaan
  • Mufakat / demokrasi
  • Kesejahteraan sosial
  • Kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi para pemeluknya

3. Jelaskan mengapa ketika pancasila disahkan pada tanggal 18 agustus 1945 oleh PPKI terlebih dahulu dihapus 7 kata dari kalimat ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariah Islam bagi pemeluk-pemeluknya diubah menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa !

Jawab :

Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at islam bagi pemeluk-pemeluknya diubah menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa karena tiap-tiap orang beragama atau percaya pada Tuhan Yang Maha Esa dank arena  di Indonesia mempunyai 5 agama tidak hanya Islam.

4. Bandingkan ideologi pancasila dengan ideologi liberalisme, komunisme, sekulerisme, dan ideologi keagamaan!

Jawab :

Ideologi liberalisme adalah suatu paham yang memberikan kebebasan pada masyarakatnya  untuk melakukan sesuatu hal  yang bersifat individual.

Ideologi komunisme adalah suatu ideologi yang sangat bertentangan dengan ideologi pancasila. Karena sangat tidak sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia.

Ideologi sekularisme adalah suatu paham yang membedakan antara agama dan negara. Artinya suatu negara yang berpaham sekularisme beranggapan bahwa negara tidak hanya mengetahui masalah kedunian yakni hubungan dengan manusia lainnya .

Ideologi keagamaan adalah urusan akhirat. Yakni hubungan manusia dengan Tuhannya.

5. Jelaskan secara singkat dinamika pelaksanaan UUD 1945 !

Jawab :

Di awal kemerdekaan anggota KNIP (yang mendukung demokrasi) gelisah dengan kekuasaan presiden yang begitu besar diberikan UUD, lalu mengusung gagsan pemerintahan parlementer biarpun UUD-nya presidensial

KNIP (7 Oktober 1945) mengeluarkan memorandum yang meminta presiden segera membentuk MPR dan agar KNIP berfungsi sebagai MPR sebelum terbentuk

Wakil presiden (16 Oktober 1945) mengeluarkan Maklumat Wakil Presiden No. X isinya:

“Bahwa komite nasional pusat, sebelum terbentuk MPR dan DPR diserahi kekuasaan

legislative dan ikut menetapkan GBHN, serta membentuk badan pekerjanya”

Wakil Presiden (3 November 1945) mengeluarkan maklumat lagi yang isinya kebebasan membentuk banyak partai

Tanggal 14 November 1945 terbentuk kabinet pertama berdasarkan sistem parlementer (demokrasi liberal) dengan perdana menterinya Syahrir, sekali lagi biarpun UUD-nya tetap UUD 1945

6. Tuliskan kronologis perumusan pancasila sebagai dasar filsafat negara !

Jawab :

Pancasila adalah dasar Filsafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam UUD 1945, diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tahun II No. 7 bersama dengan UUD 1945. Pancasila dari bahasa Sanskerta yaitu “panca”(lima) dan “syila” (dasar). Pertama kali digunakan sebagai nama 5 Dasar Negara pada 1 juni 1945 oleh Ir Soekarno.

7. Tuliskan kronologis terjadinya proklamasi kemerdekaan !

Jawab :

Pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu. Jepang telah berjanji akan mengembalikan kekuasaan di Indonesia ke tangan Sekutu. Setelah mendengar desas-desus Jepang bakal bertekuk lutut, golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Keesokan harinya Soekarno dan Hatta segera mempersiapkan pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada pukul 10 pagi 16 Agustus guna membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan Proklamasi Kemerdekaan.

8. Jelaskan perbandingan filsafat pancasila dengan filsafat lainnya di dunia !

Jawab :

Dalam filsafat komunisme tidak mementingkan adanya hal-hal ketuhanan. Semua hal diatur oleh satu kelompok yang paling berkuasa misalnya partai Komunis. Dalam filsafat komunis semua kebebasan dihapuskan. Semua hal diatur oleh penguasa tunggal sehingga sumber dari segala sumber hukum yang berlaku tidak berasal dari suara rakyat namun dari penguasa tunggal yang ada dimana filsafat komunis itu berada.

Dalam filsafat liberalisme semua hal tidak memiliki batas sehingga memungkinkan adanya benturan- benturan dalam masyarakat. Tidak ada yang mengatur tentang penanggulangan benturan-benturan tersebut. Masyarakat hanya akan menegur bila mersa terganggu oleh orang lain namun apabila tidak merasa terganggu maka mereka cenderung untuk bersikap masa bodoh.

Dalam filsafat Individualisme ini lebih cenderung menitikberatkan pada kehidupan masing-masing orang dimana antara orang yang satu dengan orang yang lain tidak mempunyai ikatan sosial atau dengan kata lain mereka berdiri masing-masing. Tidak ada persatuan ataupun tujuan bersama.

9. Jelaskan masing-masing inti dari sila pertama sampai sila terakhir !

Jawab :

Dalam sila pertama ketuhanan yang maha esa terkandung makna bahwa negara didirikan sebagai perwujudan manusia sebagai mahluk tuhan.

Dalam sila kedua mengandung makna bahwa negara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai mahluk yang beradab.

Dalam sila ketiga mengandung makna bahwa negara terbentuk atas manusia-manusia yang saling bersatu.

Dalam sila keempat mengandung makna nilai demokrasi yang secara mutlak harus dilaksanakan dalam hidup bernegara.

Terkandung makna yang merupakan nilai-nilai yang merupakan tujuan bersama sebagai tujuan negara.

10. Tuliskan dasar-dasar ilmiah pancasila sebagai suatu kesatuan sistematika dan logis !

Jawab :

susunan kesatuan yang logis, hubungan antar sila yang organis, susunan hierarkhis dan berbentuk piramidal, dan saling mengisi dan mengkualifikasi.

11. Jelaskan alasan prinisip yang menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup !

Jawab :

Setiap bangsa di mana pun pasti selalu mempunyai pedoman sikap hidup yang dijadikan acuan di dalam hidup bermasyarakat. Demikian juga dengan bangsa Indonesia. Bagi bangsa Indonesia, sikap hidup yang diyakini kebenarannya tersebut bernama Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri.

12. Tuliskan unsur-unsur pancasila sebagai suatu sistem filsafat !

Jawab :

Dasar Antropologis atau ontologis: Pancasila pada hakikatnya bersumber dari manusia yang berhakikat mutlak monopluralis. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut bahwa manusia merupakan mahluk Tuhan YME yang membentuk suatu kelompok individu yang berbentuk rakyat selanjutnya rakyat membentuk suatu negara dengan jalan bersatu dengan meiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai yakni tujuan-tujuan social yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab.

Dasar epistemologis Sila-sila Pancasila:

sumber pengetahuan pancasila. Sumber pengetahuan ini berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang memiliki nilai-nilai adat, kebudayaan dan religious.

mengenai susunan Pancasila sebagai sistem pengetahuan yakni isi pancasila yang bersifat umum universal.

pandangan Pancasila tentang pengetahuan manusia. Pancasila mengakui kebenaran yang diperoleh manusia berdasarkan rasa, akal dan kehendak dan juga bersumber dari isi rohani seseorang.

Dasar Aksiologis Pancasila: Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengandung nilai-nilai kerokhanian dan juga mengandung nilai-nilai lain secara lengkap dan harmonis seperti nilai-nilai material, vital, kebenaran, kebaikan, keindahan, moral dan kesucian dimana sila pertama sebagai basis nya hingga sila kelima sebagai tujuannya.

13. Jelaskan peranan ideologi bangsa dan negara !

Jawab :

Ideologi mempunyai peranan penting untuk kemajuan bangsa, karena melalui eksistensi ideologi, maka suatu bangsa akan memiliki motivasi tinggi dalam hidup dan kehidupannya, sehingga mampu mewujudkan cita-cita dan tujuannya. Secara ideal maka ideologi itu harus dinamis, terbuka dan tidak kaku / membelenggu hidup dan kehidupan masyarakat apabila hanya dijadikan sebagai alat kekuasaan para penguasa.

14. Tuliskan pengertian etika sebagai salah 1 cabang filsafat praktis !

Jawab :

filsafat yang membahas bagaimana manusia bersikap terhadap apa yang ada. Cabang ini mencakup: ” ilmu etika. yang mengatur kesusilaan dan kebahagiaan dalam hidup perseorang ” ilmu ekonomi, yang mengatur kesusilaan dan kemakmuran di dalam negara.

15. Jelaskan berdasarkan teori-teori etika dikembangkan pengertian pancasila sebagai sistem etika !

Jawab :

Nilai,norma,dan moral adalah konsep-konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan pancasila maka ketiganya akan memberikan pehaman yangsaling melengkapi sebagai sistem etika. Pancasila merupakan suatu nilai yang menjadi sumberdari segala penjabaran norma baik,norma hukum,norma moral, maupun norma kenegaraan lainnya.

16. Jelaskan bahwa pancasila sebagai ideologi terbuka !

Jawab :

Pancasila memberikan orientasi ke depan dan selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dihadapi dan akan dihadapi di era keterbukaan/globalisasi dalam segala bidang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s