PERILAKU KONSUMEN

Posted: November 28, 2013 in 2EA15, tulisan

 

PENDEKATAN TEORI PERILAKU KONSUMEN

1. Pendekatan nilai guna (utility) cardinal

disini konsumen memaksimalkan kepuasan total.

TU = f (Q)

Q TU MU
1 15 14
2 28 12
3 39 10
4 48 8
5 55 6

Contoh :

Fungsi kepuasan total

Fungsi TU : 16Q – Q²

Fungsi MU: 16 – 2Q

 

Kesimpulan     :

Hubungan        TU – MU à TU naik à MU > 0 ( + )

TU Max à MU=0

TU turun à MU < 0 ( – )

 

Contoh :

Tux Max à Px = MUx                         Fungsi TU : 16Q – Q²

MU = Px ; Px=4 ; Q=…?                       Fungsi MU: 16 – 2Q

Jawab :

MU= Px                                   TU = 16Q – Q²

16 – 2Q = 4                                           = 16 (6) – 6²

16 – 4 = 2Q                                        = 96 – 36

12 = 2Q                                         = 60

Q = 6

 

 

2. Pendekatan Ordinal

Arti :

Kombinasi konsumci 2 macam barang yang menunjukkan tingkat kepuasan yang sama.

Cirri-ciri Indiference Curve :

–          Turun dari kiri atas ke kanan bawah untuk kombinasi barang x ke y

–          Mempunyai slope (-)

–          Cembung kearah origin

–          Tidak saling berpotongan

–          Kumpulan kurva indifference dinamakan Indiference Map

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s