12 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan

Posted: October 25, 2013 in 2EA15, tulisan

Tahukah Anda bahwa faktor genetika hanya menyumbangkan sekitar 50% dari IQ seseorang? Artikel ini akan membantu untuk belajar berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan Anda.

Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Dengan sarapan yang baik tentu saja

Jika Anda berpikir sarapan yang seimbang adalah kopi dan sebatang rokok, lebih baik fikirkan kembali. Memang mungkin anda telah mendengarkan nasihat ini berulang kali, tapi ingatlah, sarapan tidak bisa dilewatkan jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kecerdasan.

Studi telah menemukan bahwa makan sarapan untuk meningkatkan glukosa darah (yang bertindak sebagai bahan bakar otak) setelah tidak makan sepanjang malam memberikan manfaat yang sangat besar bagi otak. Apakah Anda pernah mencoba mengendarai mobil tanpa bensin? Tidak mungkin bukan? Sarapan dapat meningkatkan kinerja mental, memori, konsentrasi, dan bahkan suasana hati.

Mulailah dengan makanan tinggi protein seperti telur dan daging serta simpan makanan tinggi karbohidrat kompleks anda untuk makan disiang atau malam hari.

2. Pikiran dan tubuh yang sehat
Tetap fit dan jaga jantung tetap sehat.

Lawan penurunan daya ingat dan pertajam pikiran Anda dengan meningkatkan denyut jantung dan berkeringat setiap hari.

Latihan aerobik, seperti jogging, berenang, yoga, bersepeda atau bermain olahraga tim meningkatkan kemampuan tubuh untuk memberikan oksigen melalui aliran darah dan menjaga fungsi otak secara optimal.

Tubuh yang sehat secara fisik juga akan membantu mengatasinya stres dan berpikir lebih baik di bawah tekanan, yang keduanya membantu untuk meningkatkan kecerdasan.

3. Menulis
Menulis dan mereview ulang catatan harian anda…

Tuliskan apa yang terjadi seharian? Yah segalanya. Ketika di Sekolah Dasar, guru sering menyuruh kita untuk menulis kata secara berulang-ulang, sehingga kita akan ingat bagaimana mengejanya, bukan? Tekhnik ini mempunyai konsep yang sama.

Biasakanlah untuk menulis buku harian dan tuliskan pikiran, ide dan apa yang terjadi dalam keseharian anda, kemudian secara berkala luangkan waktu untuk meninjau catatan lama dan mengingat kembali ide-ide yang telah ditulis. Bahkan satu review secara dramatis akan meningkatkan penyimpanan informasi yang telah ditulis.

Catharine M. Cox telah mempelajari 300 orang “jenius” seperti Albert Einstein, Issac Newton, dan Thomas Jefferson, dan menemukan bahwa mereka semua mewajibkan diri untuk membuat catatan harian. Otak tidak akan mengingat semuanya, kecuali jika kita cukup beruntung untuk memiliki memori yang begitu baik untuk itu.

4. Bernafas melalui Hidung
Bernafaslah melalui melalui hidung, keluarkan melalui mulut.

Cobalah mengambil napas dalam-dalam melalui hidung. Hal ini akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah, dan otak. Anda tidak akan bisa berjalan untuk waktu yang lama jika Anda tidak memiliki cukup oksigen bukan? Otak Anda mempunyai kebutuhan yang sama dan pernapasan yang benar adalah cara yang baik untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan kecerdasan.

Menghirup udara melalui hidung juga akan membantu menjaga otak yang sibuk tetap dingin.

5. Beristirahat
Isi ulang baterai mental Anda..

Beristirahat memang sangatlah penting. Berpikir keras tentang sesuatu dalam waktu yang terlalu lama akan menyebabkan kelelahan mental. Konsentrasi, serta kinerja mental Anda akan menderita dibuatnya. Beristirahat singkat dari aktivitas mental berat seperti belajar atau perencanaan bisnis setiap setengah jam atau lebih akan menghasilkan outcome yang lebih baik daripada bekerja secara terus menerus.

Beberapa penelitian juga telah mengatakan bahwa otak mengingat lebih jelas pada bagian awal dan akhir daripada bagian tengah ketika kita bekerja.

6. Jangan Bosan
Menonton acara olahraga bukan olahraga!

Yah daripada hanya duduk-duduk mengeluh bahwa tidak ada yang dilakukan, cobalah untuk bermain sudoku, atau teka-teki silang, atau mungkin bermain catur di komputer. Kubus rubik juga selalu menyenangkan. Permainan ini juga mudah untuk dipecahkan setelah beberapa kali berlatih, tentu saja. Kemudian Anda dapat menggunakan logika untuk menyelesaikannya lebih cepat dan lebih cepat lagi.

Mungkin sesuatu yang kreatif seperti mencoret-coret atau melukis dapat membantu. Alih-alih menonton di depan TV dan kehilangan kecerdasan yang berharga, cobalah untuk melakukan sesuatu yang akan merangsang otak sebagai gantinya.

7. Belajar Seumur Hidup
Selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari bukan??

Mengapa sekolah telah diakui sebagai sesuatu yang berharga di seluruh dunia? Ketika Anda belajar hal-hal baru, otak akan menciptakan jalur saraf. Semakin banyak jalur saraf yang Anda buat, maka otak akan menjadi lebih cerdas pula. Mendidik anak pada usia dini akan menjadi sangat berharga ketika mereka tumbuh menjadi dewasa, disaat dimana mereka memasuki fase belajar untuk belajar.

Ingatlah bahwa menamatkan sekolah atau kuliah hanya merupakan langkah awal dari perjalanan belajar seumur hidup. Cobalah untuk belajar sesuatu yang baru setiap hari, mengikuti kursus sesuai dengan hobi atau mengunjungi perpustakaan dan melakukan studi sendiri dari buku-buku yang menarik menurut anda. Temukan apa yang bisa membuat anda menikmati membaca dan dapat memperluas cakrawala berfikir.

8. Kurangi konsumsi gula

Terlalu banyak gula akan memberikan sentakan jangka pendek tetapi dalam jangka panjang akan menyebabkan Anda merasa lesu. Ini pada gilirannya memperlambat semua aktivitas, baik fisik maupun mental.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah Sugar Rush atau Sugar Crash. Terlalu banyak gula akan menyebabkan peningkatan pesat glukosa dalam darah yang biasanya menyebabkan percepatan sekresi insulin. Hal ini pada gilirannya menyebabkan penyerapan glukosa oleh jaringan yang cepat pula. Dari sinilah akan terjadi lonjakan energi. Sayangnya, apa yang naik pasti harus turun. Dan penurunan drastis dalam glukosa darah akan menyebabkan Sugar Crash.

Tapi ada beberapa kabar baik, para peneliti telah menemukan bahwa makan coklat dengan persentase kakao tinggi dapat merangsang kekuatan otak! Jadi cobalah untuk mengonsumsi coklat tinggi kakao (lebih tinggi dari 60% kakao) setiap hari.

9. Makan dengan benar
Pilih makanan yang segar dan kaya anti-oksidan.

Antioksidan berfungsi melindungi sel, termasuk sel-sel otak. Tentunya anda akan kecewa untuk menghabiskan semua waktu untuk belajar, hanya untuk kehilangan informasi tersebut di lain waktu karena sel-sel otak tidak terlindungi.

Makanan seperti plum, kismis, blueberry, blackberry, bawang putih, kangkung, cranberry, stroberi, bayam, dan raspberry semuanya mengandung tinggi antioksidan.

Jangan tertipu untuk membeli minuman buah mahal yang mengklaim memiliki kekuatan super, sedangkan banyak buah dan sayuran yang mudah untuk ditemukan dapat memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan harga yang lebih murah.

10. Meditasi
Teknik relaksasi terbaik untuk membuat pikiran jernih.

Meditasi dapat meningkatkan konsentrasi dan membantu kita berpikir cerdas dalam kondisi stres ketika dapat paling penting. Bagi muslim, sholat dan ibadah yang lain dapat memberikan manfaat yang sama bagi kecerdasan otak. Beberapa ajaran agama yang lain pun memberikan tekhnik serupa meditasi yang dapat membantu pula.

MRI scan orang yang telah bermeditasi untuk waktu yang lama telah menunjukkan aktivitas yang lebih besar dalam sirkuit otak yang terlibat dalam kosentrasi. Ketika suara yang mengganggu dimainkan pada sekelompok pelaku meditasi yang menjalani MRI scan, ia memberikan relatif sedikit efek pada area otak yang terlibat dalam emosi dan pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukan meditasi atau pelaku meditasi yang kurang berpengalaman.

11. Belajar Bermain Instrumen Musik

Memainkan alat musik dapat meningkatkan kecerdasan hingga tujuh poin. Rata-rata IQ adalah seratus, jadi tujuh akan sangat berarti ketika Anda menambahkannya dengan segala sesuatu yang Anda dapat lakukan untuk meningkatkan IQ Anda.

Anda tidak perlu menjadi seorang jenius musik, hanya proses berlatih musik akan meningkatkan IQ Anda.

12. The Mozart Effect
Ini tidak akan secara permanen meningkatkan IQ Anda, tetapi akan meningkatkan IQ Anda sementara. Yang dibutuhkan adalah mendengarkan musik Mozart.

Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik Mozart meningkatkan “penalaran spasial ” sementara. Ini mungkin tidak permanen, tetapi jika mendengarkan Mozart akan membantu Anda lulus ujian penting, layak untuk dicoba bukan?

Mungkin tips-tips tersebut sedikit sulit dijalani diawal, tapi dengan usaha yang terus menerus, Anda akan terbiasa dan akan mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba…

http://www.info-kes.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s