Mengapa Koperasi di Indonesia Sulit Berkembang

Posted: October 18, 2013 in Uncategorized

index
Mengapa koperasi sulit berkembang di Indonesia ? kenapa yah??? Pertanyaan ini adalah Judul dari Tugas yang diberikan oleh dosen saya. Mari kita uraikan …

Permasalahan yang dihadapi koperasi di Indonesia
ada dua kelompok permasalahan yang dihadapi perkoperasian di Indonesia yang membuat koperasi di Indonesia menjadi sangat sulit untuk berkembang, yaitu:

A. Permasalahan Internal
Masalah-masalah yang timbul karena kelemahan-kelemahan dari segi intern organisasi itu sendiri. Yang dapat dikatagorikan permasalahan yang datang dari dalam, yaitu:

    1. Pengelolaan sebagian besar koperasi di Indonesia kurang professional
    Mungkin sebagian besar para pengurus atau pengelola koperasi tersebut kurang berpendidikan, keahlian, keterampilan serta wawasan, sehingga si pengelola kurang tanggap, kurang fleksibel dalam membaca kesempatan serta peluang-peluang yang ada dan selalu ketinggalan dari Badan Usaha Umum lainnya. Kemudian keterbatasan dana yang membuat koperasi kurang berkembang, sementara untuk menggunakan orang yang memiliki kualifikasi yang profesional koperasi kurang mampu untuk membayar gajinya.

    2. Kurangnya Permodalan Koperasi
    Kekurangan permodalan ini merupakan masalah yang umum sekali yang dihadapi oleh perkoperasian di Indonesia. Hal ini disebabkan karena usaha koperasi yang kurang berkembang dan SHU (Sisa Hasil Usaha) diperoleh juga kecill. Padahal besarnya SHU yang diterima oleh setiap anggota berbeda, tergantung besarnya partisipasi modal dan transaksi anggota terhadap pembentukan pendapatan koperasi.Semakin besar transaksi(usaha dan modal) anggota dengan koperasinya, maka semakin besar SHU yang akan diterima.
    ada beberapa kelemahan, yaitu :

      a. Kelemahan dalam menarik sumber modal dari luar organisasi
      Hal ini karena faktor kepercayaan dan kesadaran masyarakat serta partisipasi masyarakat yang masih kurang terhadap koperasi. Kekurangpercayaan dan partisipasi ini juga karena melihat perkembangan koperasi dan usahanya yang sangat lambat.

      b. Karena kurangnya inisiatif dan upaya sendiri dalam meningkatkan permodalan
      hal ini karena kebiasaan ketergantungan pada subsidi atau sokongan permodalan yang berasal dari pemerintah.

    3. Kurangnya efisiensi organisasi dan usaha koperasi
    Kurangnya efisiensi organisasi karena sebagian besar anggota koperasi kurang berpendidikan, mengalami kesulitan dalam memberikan petunjuk atau pengarahan, serta pelaksanaan rapat anggota tidak efektif. Sedangkan, kurang efisiensinya usaha koperasi karena skala usaha yang kurang berkembang, sehingga dalam skala usaha yang terbatas tentunya tingkat biaya akan lebih besar.

    4. Kurangnya inisiatif dan upaya sendiri dalam mengembangkan koperasi atau masih lemahnya sifat kemandirian bagi sebagian besar koperasi di Indonesia, yang disebabkan oleh faktor kebiasaan yang selalu tergantung pada subsidi, sokongan, ataupun bimbingan dan perlindungan pemerintah, dimana biasanya koperasi ini dijadikan oleh pemerintah sebagai penyalur bantuan (subsidi) pemerintah kepada masyarakat.

    5. Tingkat pendidikan sebagian besar anggota koperasi masih rendah dan bahkan ada yang tidak berpendidikan atau buta huruf. Kelemahan ini akan menyulitkan bagi koperasi dalam hal:

      a. Memberikan pengarahan-pengarahan ataupun petunjuk tertulis kepada anggota,

      b. Sulit untuk menyelenggarakan rapat anggota dan penerapan prinsip-prinsip serta sendi dasar koperasi secara efektif dan optimal.

    6. Masih banyak pengurus koperasi yang mempunyai Tugas Rangkap
    Sebagian besar pengurus masih banyak yang mempunyai tugas rangkap seperti aparat pemerintah (pegawai negeri),guru, dll. Hal ini dapat menyebabkan pikiran tidak dapat dicurahkan secara optimal untuk kepentingan dalam pengembangan koperasi.

    7. Diverisifikasi usaha yang kurang berkembang
    Disebabkan karena kurangnya bervariasi, sehingga koperasi hanya terpaku pada hal yang sama (monoton), kelemahan ini menjadikan usaha koperasi selalu kalah dalam bersaing dengan badan usaha lain yang diverisifikasi usahanya lebih berkembang.

B. Permasalahan Eksternal
Masalah yang berasal dari luar organisasi koperasi, diantaranya:

    a. Semakin ketat persaingan dalam dunia usaha
    hali ini memang sebuah tantangan bagi sebuah koperasi dalam berusaha karena persaingan terutama yang datang dari Badan Usaha Non-Koperasi yang memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan koperasi.

    b. Kurangnya kepercayaan dan kesadaran masyarakat terhadap koperasi
    koperasi banyak yang mengalami kegagalan karena penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh pengurus atau pengelolanya. Masalah ini menjadikan koperasi sulit untuk menghimpun anggota, sulit untuk menarik kembali kepercayaan masyarakat untuk menanamkan modalnya pada koperasi.

    c. Kurangnya jalinan kerjasama koperasi
    Sebuah kerjasama dalam suatu organisasi sangat penting, karena kerjasama merupakan satu jalan yang sangat potensial dalam arus komunikasi, demi memelihara dan melancarkan kegiatan koperasi agar dapat meningkatkan permodalan, dan mengembangkan usaha tersebut.

    d. Kurangnya partisipasi dari pihak lain dalam upaya meningkatkan koperasi
    Hal ini dikarenakan kurang yakinnya perbankan dalam memberikan kredit kepada koperasi, walaupun dalam UU perbankan telah digariskan bahwa dalam memberikan kredit 20 % untuk koperasi.

    e. Keterbatasan sarana pendidikan dan latihan perkoperasian
    Akademik koperasi di Indonesia hanya ada di beberapa kota tertentu saja. Masalah ini jelas menghambat bagi koperasi dalam meningkatkan pendidikan, keahlian ataupun Keterampilan pengurus.

Banyak faktor penghambat, dan kelemahan-kelemahan dari kondisi ruang lingkup koperasi. namun, perlu adanya faktor-faktor pendorong yang positif bagi para anggota-pengurus, kerjasama dan komunikasi yang baik, kemudian syarat dan prasyarat dalam memilih pengurus yang sesuai dengan sistem yang dibuat koperasi agar koperasi dapat dapat berjalan secara efektif dan efisien.

referensi :
http://industri.bisnis.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s