Andai Aku jadi Menteri Koperasi

Posted: October 6, 2013 in tugas kampus

index

Koperasi.. kalau mendengar kata itu saya jadi teringat sewaktu masih duduk di bangku sekolah. Koperasi disekolah menyediakan alat tulis sekolah, makanan dan minuman, perlengkapan sekolah seperti : topi, dasi, gesper. Koperasi di Sekolah juga memiliki anggota yang terdiri dari warga sekolah, yaitu guru, karyawan, dan siswa. Keberadaan koperasi sekolah bukan semata-mata sebagai kegiatan ekonomi, melainkan sebagai media pendidikan bagi siswa agar mampu berorganisasi, berwirausaha, menjadi mandiri, bertanggung jawab, dan melatih kejujuran.

koperasi pada awalnya dimulai pada abad ke-20 . Pada umumnya sejarah koperasi dimulai dari hasil usaha kecil yang tidak spontan dan dilakukan oleh rakyat kecil. Keadaan ekonomi yang rendah mendorong para usaha kecil untuk bangkit dari penderitaan dan mereka juga ingin merubah hidupnya.

Apa itu koperasi??? koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi tidak hanya berada di lingkup sekolah, koperasi didirikan dibanyak tempat beradsarkan jenis usaha nya.

Secara umum, berdasarkan jenis usaha, koperasi terdiri atas :

a. Koperasi Simpan Pinjam (KSP)
b. Koperasi Serba Usaha (KSU)
c. Koperasi Konsumsi
d. Koperasi Produksi

Dilihat dari keanggotannya koperasi terdiri dari :

a. Koperasi Unit Desa (KUD)
b. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)
c. Koperasi Sekolah

Selain koperasi terdapat juga yang disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) yaitu salah satu program perantara yang diberikan untuk membantu masyarakat dalam usaha melengkapi kebutuhan kehidupan nya.

Menteri koperasi berperan sebagai penggerak anggota-anggota koperasi dan UKM yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam aspek pengurangan angka kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakyat.

Sejauh ini koperasi Indonesia sudah mulai berkembang pesat, meskipun belum dapat dikatakan maju. Seandainya saya menjadi Menteri Koperasi, saya akan meneruskan langkah yang telah dibangun oleh Bapak Hatta selaku Bapak Koperasi. Dengan menggerakkan ekonomi hingga tumbuh secara berkeadilan dan merata. Maksud dari merata disini yaitu koperasi dan UKM tertuju untuk orang yang kebutuhan nya belum terpenuhi atau yang menganggur. Dengan adanya koperasi dan UKM, harapan kita semua agar mereka yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan UKM ini untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan berwiraswasta.

Kemudian pengelolaan dengan baik juga penting seperti memajukan mutu kualitas barang, khususnya memajukan para petani dengan memberi subsidi dan bantuan modal agar barang lokal tidak terlalu mahal sehingga para-para konsumen tertarik untuk membeli dengan mutu kualitas yang baik dan harga yang terjangkau .Oleh karna itu diharapkan adanya kebijakan dari pemerintah kepada wajib pajak untuk mengeluarkan pajak lebih besar terhadap barang-barang import agar produk lokal tidak kalah saing dengan produk import.

bgan

Sebelum pengelolaaan koperasi tersebut dilakukan, Menteri Koperasi perlu mengadakan suatu perencanaan kegiatan koperasi yang akan dilakukan, pembentukan kepengurusan anggota-anggota dalam koperasi tersebut, dan rapat kegiatan koperasi. Koperasi itu di buat untuk jenis usaha apa? berapa banyak anggota yang terlibat didalam nya? Bagaimana proses kinerja nya berjalan? Dan berapa anggaran yang akan dikeluarkan? Setiap kegiatan yang mempunyai tujuan baik umum atau khusus harus berlandaskan dengan fungsi manajemen (planning, organizing, directing, controlling). Dengan adanya Manajemen dalam sebuah koperasi ini diharapkan dapat membantu dalam mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.

Selain itu sebagai Menteri Koperasi juga harus memberikan apresiasi kepada Pengurus Koperasi, Pejabat, Tokoh Masyarakat, Penggiat Koperasi yang telah menunjukkan dedikasi dan perhatiannya dalam meningkatkan perkoperasian di wilayahnya dalam bentuk penyematan sebuah penghargaan.

http://gultomhans.wordpress.com/2012/01/09/ekonomi-koperasi/
http://elsaelida.blogspot.com/2011/11/pengertian-macam-macam-jenis-jenis-dan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s